Sabtu, Februari 13, 2016

Valentine Menurut Kristen



     Selamat malam pemuda/pemudi yang terkasih dalam Tuhan, marilah kita belajar kebenaran Firman Tuhan.
     Saat ini saya ingin membawa perenungan Firman dengan Tema “Kasih Allah”
Saya jadi ingat dengan sebuah lagu....

Kasih Allah Tak Berkesudahan

Intro:   E
            E – G#m – A – B
            E – G#m – C – B
            (2x)

E       G#m   A                 B
Kasih Allah tak berkesudahan
E      C#m   F#           B
S'lalu baru setiap pagi
E           G#m        A                   F#7
Rahmat-Nya pun tak pernah berakhir
    A       B        E
Seumur hidupku
Chorus:

                    Bm                    E
Dengan sukacita ku kan menari
                        Bm             E
Dengan sorak-sorai memuji
                    Bm           E
Kunaikkan pujian haleluya
                  F
#m  G#m  A   C#m
Nyanyi bagi Dia  Sang  Ra - ja
                  F
#m  G#m  A     B
Nyanyi bagi Dia  Sang  Ra - ja
             E
Selamanya

Mari kita buka dalam Yeremia 31 : 3 
 Dari jauh TUHAN menampakkan diri kepadanya: Aku mengasihi  engkau dengan kasih yang kekal, sebab itu Aku melanjutkan  kasih setia-Ku kepadamu

     Pasal 31 ini menyatakan kerinduan Allah memulihkan Israel walaupun dosa Israel sebenarnya tak terampunkan tapi kasih Allah bagaikan kasih Bapa, yang setelah memukul keras anak-Nya, akan mengampuni dan memulihkan Israel.. kita aminkan bahwa kasih Allah ini tidak hanya untuk umat Israel namun juga untuk Anak-anak Kristus. Haleluyah …..

    Marilah kita sedikit melenceng dari  perenungan kita malam ini… Besok adalah Hari Kasih Sayang. Adakah yang ikut dalam perayaan kasih sayang??

   Jika masih ada marilah kita kenali apa itu hari kasih sayang.  Pasti ada adik-adik yang browsing dan searching di websites tentang perayaan kasih sayang.
    Banyak diceritakan dalam situs-situs tentang asal muasal Valentine’s day.  Semua kisahnya sama, tentang seorang santo yang menentang peraturan Kaisar Romawi bernama Claudius The Second/ Claudius II. Claudius ini memerintah sejak 10 Mei tahun 210 SM – Juli tahun 270 SM. Kekaisaran Romawi terkenal dengan pendudukannya atas bangsa-bangsa. Mereka selalu saja berperang menduduki kerajaan-kerajaan di Eropa. Maka pada masa kekaisaran Claudius II ada kemungkinan tentara romawi semakin sedikit jumlahnya karena selalu berperang. Oleh karena itu ia membuat peraturan wajib militer untuk semua pria tanpa kecuali.
      Hal ini tidak disetujui oleh  pria yang telah berkeluarga dan bertunangan. Mereka takut akan menemui kemungkinan yang buruk saat wajib militer mereka.  Maka ada banyak yang menolak titah kaisar ini.

     Mendengar hal itu, Kaisar Claudius II menjadi murka. Akhirnya, ia mengeluarkan peraturan bahwa di seluruh kerajaan Roma DILARANG ADANYA PERTUNANGAN DAN/ATAU PERNIKAHAN, dan semua rakyatnya yang berjenis kelamin laki-laki harus mengikuti wajib militer
       Dan saat itu ada santo yang juga menolak peraturan kaisar Claudius, karena secara Firman, haruslah ia memberkati pasangan dalam pernikahan kudus. Maka Santo ini melakukannya dengan diam-diam. Ketika kaisar mendengar, maka ia memberi hukuman kepada Santo Valentine ini dan sampai menghukum mati dengan memenggal kepala santo ini pada tanggal 14 Februari tahun 270, menjelang akhir pemerintahan  kaisar Claudius II. Nah keesokan harinya tanggal 15 Februari adalah hari Festival Lupercalia. Lupercalia festival ini adalah ritual satanis, yang penuh kemaksiatan.  Jika kita meneliti secara linguistic, linguistic adalah Telaah ilmiah mengenai bahasa. Lupercalia adalah bahasa latin yang berasal dari kata Lupercus yaitu nama dewa/ilah yang berbentuk serigala. Festival ini terus berlanjut dan bahkan menyebar keseluruh dunia. Tidak hanya di Eropa saja, bahkan Indonesia juga.  Hingga banyak pemuda-pemudi sampai sekarang masih melaksanakan hari kasih sayang ini.
     Tetapi pada tahun 1960  Gereja Vatikan menghapus perayaan Valentine’s Day dari Kalender Gereja dan melarang umat-umatnya untuk ikut perayaan ini. Karena setelah ditelusuri kebenaran cerita dari Santo Valentine ini tidak ditemukan keaslian sejarah yang mendukung, dan secara Firman Tuhan itu tidak ada dalam Alkitab.
     Dalam Firman Tuhan, umat Kristen hanya mengenal 4 perayaan yaitu: Hari Natal/kelahiran Yesus Kristus/Isa Almasih, Jumat Agung/Kematian Yesus Kristus/Isa Almasih,  Paskah/Kebangkitan Yesus Kristus/ Isa Almasih, dan Pentakosta/Ketuangan Roh Kudus. Inilah Hari-hari Kasih Sayang dalam Agama Kristen . Kasih  Sayang Allah kepada Manusia.
Ratapan 3:22

Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, 3:23 selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu!



Untuk mampu melihat akan kasih setia Tuhan yang tak berkesudahan itu maka orang percaya harus melihatnya sampai kepada hal yang paling mendasar yaitu, apabila saat ini kita masih menghirup nafas hidup, itu artinya kasih setia Tuhan itu begitu nyata dalam hidup kita, sebab nafas hidup ini milik Tuhan.
Ada begitu banyak orang percaya yang hanya mengukur kasih setia Tuhan dengan berkat-berkat yang mereka terima, barulah mereka bisa berkata “Tuhan itu baik” atau “Allah itu luar biasa”. Sesungguhnya bagi orang percaya berkat Tuhan tidak dapat diukur hanya semata-mata dalam bentuk berkat jasmani seperti, uang, makanan, pakaian, rumah, mobil, dan berbagai fasilitas hidup lainnya yang bisa dinikmati, namun yang terpenting adalah ketika orang percaya mampu melihat ada berkat-berkat kekal yang Tuhan sediakan bagi kita setiap hari, dimana kita harus berjuang untuk mencapainya

     
     “Kasih Allah”  adalah Kasih AGAPE. Agape adalah istilah Yunani yang berarti 'cinta yang tidak mementingkan diri sendiri, atau cinta tanpa batas, atau cinta tanpa syarat (Inggris: unconditional love).[1] Cinta agape tidak pernah egois. Kasih Bapa is totally different. Sangat-sangat berbeda dengan cintanya manusia. Ada banyak kisah cinta yang adik-adik pernah dengar atau tonton, namun yang masuk category berkualitas dan masterpiece diakui dunia ada termasuk kisah Romeo and Juliet, Cleopatra dan Antony, juga Titanic. Tapi cinta manusia akan berlalu saat yang lainnya tiada, yang tertinggal hanyalah kenangan yang menyisakan tangis.  
     Firman Tuhan berkata Nubuat akan berakhir, Bahasa Roh akan berhenti, Pengetahuan akan Lenyap, namun Kasih tidak akan berkesudahan. Yang terbesar di dunia ini adalah Kasih. Kasih Allah, dalam 1 Yohanes 4 : 10 " Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita"
     Begitu besar kasih Allah kepada manusia sehingga ia mengutus FirmanNya sebagai perdamaian atas dosa-dosa kita.
   Allah telah mengasihi kita dengan tanpa batasan. Jadi dengan apa kita membalasnya?
Yaitu dengan :
1.       Menjaga Hati
"Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan." (Amsal 4:23)
2.       Jangan kita sesat
"Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik." (1 Korintus 15:33)
3.       Carilah Pasangan yang Sepadan
"Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?" (2 Korintus 6:14).
4.       Jagalah Kekudusan diri
1 Korintus 6:18 berkata "Jauhkanlah dirimu dari percabulan! "
Berusahalah hidup damai dengan semua orang   dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan.
     Roma 12 : 2 berkata Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.
    Kita adalah anak-anak Kristus dalam bahasa Yunani, dalam bahasa Ibrani Disebut Mesias, dan Bahasa Arab berkata kita pengikut "Almasih" yang artinya Yang Diurapi Allah.
      Kita telah mendapat pengurapan dari Tuhan dan telah mendapat KaruniaNya dalam KerajaanNya, tetapi bagaimana kita menjaga kasih karuniaNya yaitu seperti Keluaran 19 : 5 menuliskan  "Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firman-Ku  dan berpegang pada perjanjian-Ku, maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku  sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi"
Tetapi Carilah Dahulu Kerajaan Allah Dan  KebenaranNya , Maka Semuanya Itu Akan Ditambahkan Kepadamu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Prayer In The Morning

  Prayer To God in the Morning Psalm 143:8 New International Version (NIV) 8  Let the morning bring me word of your unfailin...